Home » , , , , , » Kali Gendol Sudah Penuh, Sleman Siaga Banjir

Kali Gendol Sudah Penuh, Sleman Siaga Banjir

Written By Salman binustech on Senin, 08 Agustus 2011 | 16.48

Lahar yang mendingin di Kali Gendol (Antara/ Noveradika)

VIVAnews - Banjir lahar dingin masih mengancam pemukiman warga di bantaran sungai yang berhulu ke Merapi. Kali Gendol, salah satu sungai yang berhulu ke Merapi, bahkan sudah dipenuhi aliran lahar dingin.

Widi Sutikno, Komandan Tanggap Darurat dan Penanggulangan Bencana Merapi Sleman mengatakan Kali Gendol bahkan sudah bercabang, masuk ke arah Kali Opak. "Untuk antisipasi banjir lahar dingin, kami melakukan kanalisasi khusus Kali Gendol dan Kali Opak," katanya kepada VIVAnews, Selasa 18 Januari 2011 pagi.

Pembuatan alur sungai agar lahar dingin tidak melimpah ke mana-mana. "Yang saya takutkan adalah jatuh korban jiwa. Kalau sarana-prasarana rusak, jembatan jebol tidak apa-apa. Itu bisa dibangun dan diperbaiki kembali, tapi kalau nyawa tidak bisa," ujarnya.

Makanya, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai selalu disiagakan. "Dan kami sudah mensosialisasikan agar bergeser dan mengungsi sementara jika arus sungai mulai deras," kata Widi.

"Untuk membetulkan alur sungai, kami keruk tengahnya dengan alat berat atau kami naikan pasirnya ke kiri dan ke kanan sungai. Supaya airnya jalan, karena kalau dibendung pasti meluap."

Sementara itu, "Selama musim hujan, kami siagakan alat berat di pinggir sungai aliran Kali Opak. Kalau nanti tertutup material, kami buka lagi."

Alat berat disiagakan di beberapa titik di antaranya, Dusun Salam dekat barak pengungsian, Geblok dekat jembatan yang terputus dan Teplok, dekat Mapolsek Cangkringan.

Laporan Erick Tanjung | Yogyakarta

• VIVAnews Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

View the original article here

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Lalu Lintas Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger