Home » , , , » Penembak Paus Yohanes Paulus II Dibebaskan

Penembak Paus Yohanes Paulus II Dibebaskan

Written By Salman binustech on Senin, 08 Agustus 2011 | 15.55

VIVAnews - Tepat setahun yang lalu, pelaku penembakan mendiang Paus Yohanes Paulus II pada 1981 akhirnya dibebaskan dari penjara di pinggir ibukota Turki, Ankara. Mehmet Ali Agca, yang telah menjalani hukuman 29 tahun di penjara, selanjutnya dibawa ke fasilitas militer sebelum dipindahkan ke sebuah rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan.

Menurut kantor berita Associated Press, Laporan pemeriksaan kesehatan yang lalu menyebutkan bahwa kondisi jiwa warga negara Turki tersebut tidak cukup sehat untuk menjalani wajib militer karena gangguan kepribadian anti-sosial.

Selama ini muncul keraguan mengenai kondisi kesehatan mental Agca yang sering bergejolak tersebut. Agca juga mengklaim bahwa dirinya adalah seorang Mesiah. Demikian ungkap pengacara Agca, Gokay Gultekin, saat hari ini mengedarkan lembar pernyataan di luar penjara di Sincan.

Agca menulis, "Saya nyatakan akhir dunia. Seluruh dunia akan hancur pada abad ini. Manusia akan musnah pada abad ini. Sayalah Kristus yang abadi".

Agca menyelesaikan hukuman 10 tahun penjara karena membunuh seorang wartawan terkemuka Turki, Abdi Ipekci, pada 1979. Dia diekstradisi ke Turki tahun 2000 setelah melaksanakan hampir 20 tahun penjara di Italia karena menembak dan melukai Paus Yohanes Paulus II di alun-alun Basilika Santo Petrus di Roma.

Nyawa Paus berhasil diselamatkan dan tetap memimpin Gereja Katolik Roma di Vatikan hingga akhir hayatnya pada 2005. 

• VIVAnews Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

View the original article here

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Lalu Lintas Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger