Home » , , , , » Untuk Ibukota, Jonggol Lebih Baik dari Sentul

Untuk Ibukota, Jonggol Lebih Baik dari Sentul

Written By Salman binustech on Senin, 08 Agustus 2011 | 16.13

Balon udara di kegiatan festival jelajah balon udara di Sentul, Bogor (Antara/ Jafkhairi)

VIVAnews – Meskipun Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, menawarkan pemindahan Ibukota Indonesia ke wilayah Sentul, Kabupaten Bogor, Wakil Bupati Bogor, Karyawan Faturachman, bersikeras pemindahan sebaiknya ke Kecamatan Jonggol.

“Daripada membangun daerah yang sudah lebih maju, lebih baik daerah yang belum dimajukan. Salah satunya, Kecamatan Jonggol,”ungkapnya, kepada VIVAnews, di kompleks Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Senin 17 Januari 2011.

Ia mengatakan, Kecamatan Jonggol merupakan salah satu daerah di Kabupaten Bogor yang masih terisolasi baik dari transportasi maupun infrastruktur lainnya. Sehingga, Pemkab Bogor menawarkan kepada pemerintah pusat agar Kecamatan Jonggol direalisasikan menjadi ibu kota menggantikan DKI Jakarta.

Kata dia, jika Kecamatan Jonggol dikembangkan menjadi ibu kota, akan menjadi lebih bermanfaat daripada Sentul. Perekonomian setempat akan bergairah. Selain itu, kata dia, bentangan wilayah di Kecamatan Jonggol lebih leluasa dalam membangun.

Sedangkan, Sentul sudah sempit karena sudah pembangunan gedung maupun perumahan-perumahan sudah marak. Tak hanya itu, penguasaan di Kecamatan Jonggol masih milik adat sehingga pengalihannya lebih simpel dan sederhana. Sementara di Sentul, mayoritas milik pengusaha besar dan orang kaya. ”Jadi pemindahan ibu kota itu lebih baik Jonggol daripada Sentul,” kata Karyawan.

Soal pemindahan Ibukota ini, Pemerintah sudah membentuk tim. Pekan lalu, Presiden bahkan bertemu Rektor Institut Teknologi Bandung Akhmaloka membahas soal ini. Presiden sendiri memiliki visi membentuk Greater Jakarta sebagai Ibukota yang lebih baik dari sekarang ini.

Ayatullah Humaeni | Bogor

• VIVAnews ya better sih di pindah ke kalimantan gitu yg jd center nya jd kaya sumatera papua ga kejauhan ke ibukota...kalo di jonggol sentul ya sama saja daerah situ2 juga. terlalu dekat antara pusat kekuasaan dan bisnis....

View the original article here

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Lalu Lintas Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger