Membentuk otot bahu yang kuat tidak harus dilakukan di pusat kebugaran. Seseorang dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan alat ? alat olahraga sederhana. Botol bekas air minum, misalnya, bisa diisi pasir dan difungsikan sebagai barbel.Berat barbel seyogianya diperhatikan. Barbel yang terlalu ringan membuat latihan tidak efektif. Sebaliknya barbel yang terlalu berat bisa menyebabkan cedera. Barbel seberat dua kilogram sudah memadai untuk wanita.

Definisi tubuh ideal bagi pria dan wanita, lanjut Akbar, berbeda. Pria menganggap tubuh yang ideal harus berotot di bagian-bagian tertentu seperti lengan dan bahu. Semakin berotot, seorang pria dipandang semakin macho. Sementara wanita justru menginginkan ramping di bagian tubuh tertentu, antara lain, lengan, bahu, perut, pinggul, dan pinggang ke bawah.

Postur tubuh pria dengan wanita berbeda. Walaupun berlatih beban, wanita takkan kekar seperti pria. Justru dengan berlatih beban otot-otot wanita akan terbentuk dan semakin kencang. Sehingga, tubuh ramping ideal pun terwujud. Supaya tak sampai mengalami cedera saat berlatih, jangan lupa melakukan pemanasan dulu. Dahului dengan aerobik atau cardio exercise, kemudian latihan beban, dan akhiri dengan cardio lagi. Lakukan 2-3 kali seminggu. Selama berlatih setiap orang harus selalu berkonsentrasi. Hal itu akan membuat hasil latihan yang diidamkan lebih cepat tercapai.

Sumber

Temukan lebih banyak Informasi seputar alat ? alat olahraga & alat ? alat Fitnes