Home » , , , , » Penumpang Ancam Tuntut Mandala Airlines

Penumpang Ancam Tuntut Mandala Airlines

Written By Salman binustech on Kamis, 13 Januari 2011 | 01.23

Ini bukan sekedar masalah nominal tapi pembelajaran untuk menghormati hak konsumen. Pesawat Mandala Airlines (www.antaraphoto.com)

VIVAnews - Sejumlah calon penumpang berencana mengadukan maskapai Mandala Airlines ke lembaga konsumen dan menempuh jalur hukum. Mereka kecewa karena tidak ada pemberitahuan maskapai akan berhenti beroperasi.

"Kami tunggu 45 hari, Apabila Mandala mengabaikan janjinya akan saya bawa masalah ini ke lembaga yang concern dengan hak-hak konsumen," kata seorang calon penumpang, Arif Sugiono, di kantor Pusat Mandala, Tomang, Jakarta Barat, Kamis 13 Januari 2011.

Mandala berjanji mengembalikan uang refund minimal tujuh hari dan maksimal 45 hari. Arif yang juga menantu sejarawan, Anhar Gonggong, mengatakan, jika  tidak juga dikembalikan mereka akan menggunakan jalur hukum.

"Atas nama costumer Mandala, kami sepakat akan memakai langkah hukum dengan menuntut pihak Mandala. Kami sudah mengkoordinir untuk membentuk forum komunikasi agar proses pertanggungjawaban ini berjalan," ujar dia.

Bagi Arief, ini bukan sekedar masalah nominal tapi pembelajaran untuk menghormati hak konsumen. Arif, yang memiliki satu tiket Mandala tujuan Jakarta-Yogyakarta, menilai, Mandala terkesan menyepelekan kepercayaan pelanggannya.

Hal itu terlihat dari tidak adanya informasi langsung kepada pelanggan dan juga penjualan tiket masih dibuka pada hari kemarin. "Menjelang beberapa jam penutupan masih tetap menjalani reservasi tiket," ujar Arif yang baru membeli tiket kemarin.

Para pelanggan pun sempat meminta pengelola Mandala untuk mengalihkan ke maskapai lain dibandingkan refund yang harus menunggu waktu lama, namun pihak Mandala tidak dapat memenuhinya. "Kalau proses refund terlalu panjang, alihkan kami ke maskapai lain tapi mereka menyerah," ujar Arif.

Siang ini, suasana kantor Mandala masih dipadati calon penumpang yang mengantre untuk mengisi formulir refund. Sesekali kericuhan terjadi karena sejumlah calon penumpang tidak sabar terhadap antrean yang panjang.

Untuk melayani proses pengembalian uang itu, manajemen akan membuka layanan pengaduan dan pengembalian tiket dari Senin hingga Minggu. Untuk jam kerja Senin-Jumat, layanan buka pukul 06.00 hingga 23.00 WIB. Sementara itu, untuk Sabtu-Minggu dan hari libur buka mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

• VIVAnews Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

View the original article here

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Lalu Lintas Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger