Di zaman modern ini, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kejahatan pun menjadi semakin modern. Dengan adanya ketimpangan sosial ekonomi yang terasa makin lebar, segelintir orang mulai menghalalkan segala cara untuk mendapatkan materi. Kaum wanita pun tak segan-segan menjadi sasaran kejahatan karena kondisi alaminya yang lembut dan memiliki tenaga yang cenderung lebih kecil dari pria. Senjata kejahatan pun jadi lebih mengerikan. Pisau, clurit, bahkan pistol rakitan menjadi ancaman yang sangat berbahaya.

Perlukah wanita mampu melindungi dirinya sendiri dan menjadi kuat? Tentu saja. Salah satu caranya adalah dengan mencoba berlatih beladiri. Selain untuk melindungi diri dari kejahatan yang dapat mengancam dimana saja dan kapan saja, beladiri bisa menjadi olahraga yang menyehatkan dan meningkatkan kepercayaan diri. Keahlian beladiri juga penting untuk berjaga-jaga terhadap kondisi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Bela diri wanitaLalu bela diri apa yang cocok untuk wanita? Pada dasarnya semua beladiri cocok untuk wanita. Tergantung kepribadian dan aktivitas sehari-hari wanita. Berikut panduannya:

* Wanita yang berkepribadian keras dan suka tantangan, serta memiliki waktu luang yang cukup dapat memilih beladiri keras seperti Karate, Judo, Silat atau Kick Boxing.

* Bagi wanita pekerja yang hanya mempunyai waktu luang sedikit cobalah untuk mengambil privat seni-seni beladiri modern yang sekarang banyak ditawarkan. Salah satunya beladiri Wing Chun yang ditawarkan oleh Deddy Corbuzier. Memang biasanya biaya kursusnya mahal. Tapi tentu masih lebih murah daripada menjadi korban kejahatan.

* Bagi yang merasa wanita lemah lembut dan tidak suka kekerasan, cobalah Wing Chun, Aikido, Atau bahkan Tai Chi. Semuanya jenis beladiri yang menitikberatkan pada menggunakan kekuatan lawan untuk menjatuhkan lawan.

* Bagi yang suka seni atau dansa mengapa tidak mencoba Capoeira atau Wushu.

Lindungilah diri sendiri sebisa mungkin. Tidak selamanya orang-orang terdekat bisa selalu menolong.

Sumber

Temukan lebih banyak Info tentang Bela diri & Pencak Silat