Home » , , , , » Harimau Sumatera Resahkan Warga Ketahun

Harimau Sumatera Resahkan Warga Ketahun

Written By Salman binustech on Selasa, 01 Februari 2011 | 05.50

BENGKULU, KOMPAS.com - Warga Desa Pasar Ketahun, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara, diresahkan oleh munculnya harimau Sumatera (Panthera tigris Sumatrae) yang sering berkeliaran di sekitar permukiman mereka.

"Warga mulai resah karena harimau sering berkeliaran di sekitar desa mereka dan kami mendapat laporan dari warga tentang ternak sapi yang dimangsa satwa liar itu," kata Camat Ketahun Budi Sampurno di Bengkulu, Selasa (1/2/2011).

Ia mengatakan, warga lebih memilih menghindar karena takut diterkam harimau yang biasa disebut "nenek" oleh warga lokal itu. Selain itu, warga juga sudah mengetahui bahwa harimau termasuk satwa dilindungi sehingga tidak gegabah mengambil tindakan. "Kami berusaha melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam agar harimau itu bisa segera diamankan," katanya.

Kepala BKSDA Bengkulu Amon Zamora mengatakan akan segera menurunkan tim untuk melihat kondisi di lapangan. "Kami belum menerima laporan dari polhut yang ada di sana, tapi kami akan segera menurunkan tim untuk melihat kondisi di lapangan," katanya.

Biasanya, kata dia, harimau yang masuk ke permukiman warga karena habitatnya terus menyempit atau ingin mencari mangsa, berupa ternak warga. Perambahan hutan untuk dijadikan perkebunan atau permukiman menjadi ancaman terbesar terhadap kelestarian harimau yang ada di Bengkulu.

BKSDA berupaya menggiring harimau tersebut kembali ke dalam hutan. "Biasanya kami menggunakan kentongan untuk mengusir mereka, dan mengimbau warga agar tidak melukai satwa itu," tambahnya.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

View the original article here

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Lalu Lintas Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger