Home » , , » Ada Pameran Keris di Borobudur

Ada Pameran Keris di Borobudur

Written By Salman binustech on Kamis, 03 Februari 2011 | 09.53

Seorang pengunjung melihat keris yang dipamerkan di Pagelaran, Keraton Surakarta, Solo, Jateng. Jum'at (17/7). (ANTARA/HASAN SAKRI GHOZALI)

Generasi muda perlu memahami keris
Borobudur, Jawa Tengah (ANTARA News) - Paguyuban penggemar keris "Satriyatama" (Satuhu Memetri Budaya Tosan Aji) di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memamerkan sekitar 100 keris koleksinya dari masa lalu dan masa kini dalama sebuah pameran keris.

"Masih ada kalangan yang memahami ada kekuatan spiritual dan kesaktian atas keris, tetapi secara proporsional keris sebagai karya seni dan warisan budaya," kata Wakil Ketua Satriyatama Magelang, Nurhadi, pasa pameran keris di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis.

Keris-keris itu dipamerkan di Museum Kapal Samudraraksa, Taman Wisata Candi Borobudur, 3-6 Februari 2011.

Ia menjelaskan, sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang diakui Badan PBB Untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO), keris selayaknya dilestarikan masyarakat dan memahaminya secara proporsional untuk melestarikan budaya bangsa.

Keris, katanya, menyimpan filosofi kehidupan bangsa, sedangkan keris yang dipamerkan berasal dari masa Kerajaan Mataram, Jenggala, dan Pajajaran.

"Ada juga bentuk pusaka kuno lainnya seperti tombak, sombro, dan kudi," katanya.

Kepala Seksi Bahasa dan Perfilman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Magelang, Gunawan Andi Prihananto, saat membuka pameran itu mengatakan, pameran keris adalah salah satu bentuk upaya pelestarian khasanah budaya bangsa.

"Keris sebagai peninggalan nenek moyang yang adiluhung harus dilestarikan. Generasi muda perlu memahami keris," katanya. (*)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

James Franco Ngajar Editing James Franco Ngajar EditingJames Franco, aktor yang meraih nominasi Oscar 2011 sebagai aktor terbaik melalui film "127 Hours" bergabung dengan ...


View the original article here

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Lalu Lintas Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger