Home » , , , » Jelang Imlek, Umat Hindu di Bali Ngayah

Jelang Imlek, Umat Hindu di Bali Ngayah

Written By Salman binustech on Rabu, 02 Februari 2011 | 05.16

Penulis: Muhammad Hasanudin | Editor: Glori K. Wadrianto Rabu, 2 Februari 2011 | 13:20 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Tradisi Ngayah atau gotong royong tanpa imbalan biasanya dilakukan oleh umat Hindu di Bali setiap menjelang perayaan hari raya Hindu.

Namun, menjelang Imlek tahun ini, sebagian umat Hindu di Denpasar juga tetap melakukan tradisi Ngayah di sejumlah Klenteng, karena mereka menganggap Budha sebagai jelmaan Dewa Wisnu yang turun ke bumi untuk menegakkan Dharma atau kebajikan.

Seperti yang terlihat di Klenteng atau Kongco Dwipayana, Tanah Kilap, Denpasar, Rabu (2/2/2011) pagi tadi. Sejumlah umat Hindu Ngayah mempersiapkan segala keperluan Imlek seperti membersihkan areal Klenteng dan peralatan di dalamnya serta menyiapkan bermacam-macam buah yang akan dipersembahkan kepada Budha.

“Setiap kali ada kegiatan di klenteng ini biasa datang beberapa hari sebelumnya, setiap berdoa di sini, semua keinginan selalu terkabulkan,” ujar I Gusti Ngurah Made, salah seorang umat Hindu yang turut Ngayah pagi tadi.

Usai melakukan Ngayah, umat hindu melanjutkan dengan persembahyangan untuk menghormati sang Budha.

Pengurus Kongco Dwipayana, Ida Bagus Adnyana mengatakan kerukunan antar umat beragaman di Kongco ini tidak hanya terjadi pada saat Imlek. “Ini sebagai salah satu bentuk kerukunan umat beragama, mereka sudah biasa berbaur disini, tidak hanya imlek tapi mereka juga sering bersembahyang di sini,” kata Adnyana.

Puncak perayaan Imlek di Konco Dwipayana ini akan dilakukan pada tengah malam nanti dengan melakukan persembahyangan untuk melepas tahun sebelumnya dan menyambut tahun baru.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

View the original article here

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Lalu Lintas Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger