Home » , , , , , » Dua Titik Tanggul Jebol Warga Ungsikan Ternak

Dua Titik Tanggul Jebol Warga Ungsikan Ternak

Written By Salman binustech on Rabu, 02 Februari 2011 | 04.29

Penulis: Adi Sucipto | Editor: Glori K. Wadrianto Rabu, 2 Februari 2011 | 15:01 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Luapan Kali Lamong di Kabupaten Gresik, Rabu (2/2/2011) membuat sejumlah warga mulai mengungsikan ternaknya. Kiriman air dari wilayah Jombang, Mojokerto dan Lamongan terus berlangsung, menyebabkan dua titik tanggul jebol.

Dua tanggul yang jebol sepanjang 5 meter di Desa Gluran Ploso Kecamatan Benjeng dan Desa Cermen Lerek Kecamatan Kedaman sepanjang 4 meter. Akibatnya, air menggenangi rumah warga hingga setinggi 80 sentimeter hingga 140 cm.

Sejumlah warga juga menumpuk kursi agar tidak basah. Sebagian warga mengungsi ke rumah kerabat yang belum tergenang. Warga Cermen Lerek Suraji menuturkan air mulai masuk rumah sekitar pukul 02.00 dan terus membesar.

Di sisi lain, warga pun mulai mengungsikan kambing dan sapi mereka karena kandang ternak terendam air. Malah, seekor sapi terluka karena lepas tanduknya karena terjatuh saat diungsikan. Kandang ternak kini sudah terendam setinggi 1,4 meter.

Kepala Desa Gluranploso Iwan Utomo menuturkan air menggenangi desanya sejak Minggu lalu Kerugian terbesar dialami petani karena ada yang baru menebar pupuk hanyut sehingga harus memupuk ulang. Padi yang hampir panen panen dan baru berbunga juga terendam. Total area sawah yang tergenang 216 hektar. "Kemungkinan nanti kualitas panenan buruk, ada yang puso ada pula yang gagal tanam atau harus tanam ulang," ujarnya.

Camat Cerme, Bambang Wibisono, mengatakan banjir menggenangi 15 desa. Ketinggian air mencapai 60 cm hingga 100 cm. Wilayah yang paling parah terendam banjir adalah Morowudi, Dungus dan Pandu. Sebanyak 1.878 rumah, 476 hektar saah dan 494 tambak terendam.

Hingga saat ini akses jalan menuju Cerme dari arah Gresik, Balongpanggang dan Benjeng atau dari arah Boboh Menganti belum bisa dilewati. Akses jalan ditutup di pertigaan Cerme, pertigaan pasar Benjeng, dan perempatan Bringkang.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

View the original article here

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Blog Archive

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Lalu Lintas Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger